manusia dan anjing

Simak Aturan Bawa Hewan Peliharaan Ke Pusat Perbelanjaan!

Pet Lovers, udah tahu belum nih yang lagi viral di sosial media?

Sempat beredar video seorang ibu cekcok ke salah satu sekuriti di salah satu swalayan di Jakarta. Ibu tersebut protes lantaran ada pengunjung yang membawa hewan peliharaannya, yaitu anjing masuk ke dalam toko. Ia menilai bahwa sekuriti itu tidak menjaga keamanan dengan benar dan berdalih bahwa sudah ada Peraturan Daerah (Perda) setempat tentang Pengendalian Hewan Penular Rabies.

Adu mulut itu kian memanas. Sang sekuriti itu menyebut ibu tadi telah berbicara berlebihan. Ia pun berusaha meredam pertikaian dengan mengatakan bahwa anjing yang dibawa pelanggan tersebut merupakan hewan peliharaan, bukan anjing liar.  Jadi ya menurutnya tidak masalah jika anjing itu dibawa masuk ke dalam toko.

Semenjak video itu diunggah, netizen ramai memberikan tanggapannya. Ada yang mendukung aksi ibu tersebut dan ada juga yang menyayangkan bahkan mengkritik sikap ibu itu.

Pet Lovers, untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, kita sebagai pemilik hewan peliharaan berikan perhatian penuh pada hewan peliharaan, ya. Agar hewan peliharaanmu tidak terluka ataupun melukai orang lain.

Nah, sebenarnya boleh tidak sih bawa hewan peliharaan ke Mall atau pusat perbelanjaan? Yuk simak penjelasan dari Petcionary. 

Aturan Membawa Hewan Peliharaan

Berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 199 Tahun 2016 tentang Pengendalian Hewan Penular Rabies (HPR) disebutkan bahwa adanya pembatasan hewan peliharaan yang berpotensi menyebabkan penyakit. Seperti rabies yang ditularkan oleh anjing, kucing, monyet atau kera dan hewan sejenisnya. 

Adanya aturan ini sebenarnya bertujuan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan dan ketertiban umum. Namun, pada prakteknya tidak semua daerah menerapkan aturan ini, baik di mall atau tempat umum lainnya. 

Dilansir dari urbanasia.com, menurut salah seorang praktisi hukum Wahyu Prasetyo, SH, meski tidak mutlak melarang seutuhnya hewan peliharaan ada di area umum, ada peraturan daerah yang mengatur mengenai pembatasan hewan peliharaan berpotensi rabies seperti anjing, kucing, kera/monyet dan hewan sebangsanya berada di areal umum.

Saran Membawa Hewan Peliharaan ke Tempat Umum

Nah agar Pet Lovers aman dan nyaman membawa hewan peliharaan, baik ke Mall, pusat perbelanjaan, ataupun ke tempat umum lainnya, yuk mulai patuhi aturan-aturan yang ada.

 

Hewan peliharaan memanusiakan. Mereka mengingatkan kita bahwa kita memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memelihara dan memelihara serta merawat semua kehidupan.

James Cromwell

Apa aja sih peraturan membawa hewan yang sebaiknya kamu tahu? Petcionary sudah merangkumnya untuk kamu berikut ini.

1. Kunjungi Pet Cafe

 

Pet Cafe tempat yang memang ramah untuk hewan peliharaan atau Pet-Friendly. Di tempat ini, kamu maupun hewan peliharaan akan lebih leluasa dan bisa sama-sama nyaman dan aman untuk bermain.

2. Memberikan vaksinasi rabies

 

Memberikan vaksinasi rabies secara berkala paling sedikit 1 (satu) tahun sekali. Pemberian vaksin anti rabies pada hewan bertujuan untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies. Selain itu, vaksin anti rabies pada hewan juga mencegah resiko kematian hingga 100 % pada manusia.

3. Tidak membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di luar pekarangan

 

Pet Lovers juga harus melindungi hewan peliharaan dengan alat pengaman ya jika sedang berada diluar pekarangan. Contohnya menggunakan rantai atau tali bagi anjing agar lebih mudah dikontrol. Apabila dibutuhkan, bisa memasang muzzle atau penutup mulut anjing untuk menghindari anjing menggigit barang, alat, atau orang.

Selain itu, kamu juga perlu membawa perlengkapan yang berhubungan dengan kebersihan hewan peliharaan termasuk perlengkapan untuk membersihkan kotorannya.

4. Memasang microhip pada anjing

 

Bagi pemelihara HPR berjenis anjing wajib memasang microchip pada anjing yang dimiliki dan/ atau dipelihara. Microchip tersebut berisi nomor identifikasi yang telah terprogram didalamnya mengenai identitas anjing, seperti jenis ras, pemilik, dan riwayat penyakit.

Pet Lovers, konsultasi ke dokter hewan dulu ya untuk pemasangan microchip. 

5. Membawa surat keterangan sehat hewan peliharaan dari dokter hewan

 

Disarankan membawa surat keterangan sehat hewan peliharaan dari dokter hewan. Tujuannya selain agar Pet Lovers patuh pada Perda, para pengunjung lain juga merasa aman dengan adanya hewan peliharaan Pet Lovers, nih.

By the way, Pet Lovers sudah pernah mengajak hewan peliharaan kamu kemana aja, nih? Petcionary punya rekomendasi Pet Cafe yang nyaman untuk dikunjungi kamu dan hewan peliharaanmu. Baca disini ya.

Itu dia aturan dan saran yang Pet Lovers bisa terapkan. Bagikan pengalaman Pet Lovers di kolom komentar, ya!

Referensi:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=7KGataId7ik
  2. https://www.suara.com/news/2022/03/06/084035/simak-aturan-bawa-hewan-peliharaan-ke-mal-atau-pusat-perbelanjaan-boleh-apa-tidak
  3. https://www.urbanasia.com/viral-ibuibu-di-swalayan-protes-sebenarnya-bolehkah-bawa-anjing-saat-belanja-U54930

1 thought on “Simak Aturan Bawa Hewan Peliharaan Ke Pusat Perbelanjaan!”

  1. Pingback: Perang Ukraina dan Rusia, Lihat Film Persahabatan Manusia dan Hewan dalam adegan peperangan berikut! - Petcionary

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

related post :