Kuku-Kucing

Perhatikan 9 Hal Berikut Saat Memotong Kuku Kucing

Hai Pet Lovers! Jumpa lagi di artikel Petcionary nih. Semoga semua Pet Lovers dalam kondisi yang baik yah saat membaca artikel ini. Oh ya nih Pet Lovers, apakah kalian pernah mengalami kesulitan dalam memotong kuku kucing?

Atau mungkin kalian takut untuk memotong kuku kucing sendiri? Nah Pet Lovers jangan khawatir karena di artikel kali ini Petcionary akan menjelaskan hal-hal yang perlu Pet Lovers perhatikan saat memotong kuku kucing.

1. Kenalkan kucing dengan gunting kuku kucing.

 Sebelum memotong kuku kucing, sebaiknya kalian memperkenalkan dulu alat gunting kuku kucing pada kucing milik Pet Lovers. Kalian bisa memberikan gunting kuku kucing untuk dimainkan oleh kucing peliharaan sehingga mereka tidak merasa asing dengan alat gunting kuku tersebut.  Jika kucing peliharaan sudah mulai mengenal alat gunting kuku,  maka kucing peliharaan tidak akan banyak memberontak saat Pet Lovers hendak memotong kuku kucing peliharaan.

gunting kuku
Sumber: Canva

2. Siapkan gunting kuku yang tajam.

 Pastikan gunting kuku yang Pet Lovers gunakan memiliki ketajaman yang cukup. Hal ini dapat membuat proses memotong kuku kucing lebih cepat dan juga dapat menghindari terjadinya kerusakan pada kuku kucing peliharaan.

3. Siapkan Styptic Powder.

 Styptic Powder merupakan obat pertolongan pertama untuk luka pada hewan terutama luka pada bagian kuku. Oleh karena itu styptic powder merupakan hal yang penting saat kalian memotong kuku kucing. Jika kalian melakukan kesalahan saat memotong kuku kucing, tetaplah tenang dan jangan panik. Kalian dapat langsung menggunakan styptic powder untuk mengobati luka pada kucing peliharaan kalian.

4. Cari lokasi yang nyaman.

 

Pastikan ruangan tempat kalian memotong kuku kucing terhindar dari gangguan seperti kucing atau hewan lainnya. Hal ini bertujuan agar kucing tidak banyak bergerak saat Pet Lovers memotong kukunya.

5. Gunakan handuk.

 

Jika kucing milik Pet Lovers masih banyak bergerak walaupun sudah berada di ruangan yang nyaman, maka kalian dapat menggunakan handuk untuk menyelimuti tubuh kucing sehingga kucing tidak banyak bergerak dan kalian juga dapat terhindar dari cakaran kucing.

Handuk kucing
Sumber: Canva

6. Perhatikan area Quick.

 

Area quick adalah tempat dimana syaraf dan pembuluh darah berada. Area quick ini bisa dilihat berada pada area kuku yang berwarna gelap. Saat memotong kuku kucing hindari memotong mendekati area tersebut karena jika area tersebut terpotong maka dapat menyebabkan kuku kucing berdarah dan membuat kucing tidak nyaman atau bahkan dapat menggigit Pet Lovers. Jika kalian tidak sengaja memotong bagian quick area, maka segera tempelkan styptic powder yang telah dibahas pada point 3 pada bagian kuku yang terluka. Jika kucing sudah tenang dan tidak memberontak, Pet Lovers dapat melanjutkan proses pemotongan kuku pada kucing peliharaan. Tetapi jika kucing terlihat tidak tenang atau bahkan menggigit Pet Lovers, maka sebaiknya hentikan proses pemotongan dan lanjutkan di lain waktu.

7. Hentikan kegiatan memotong kuku jika kucing memberontak.

 

Jika semua cara sebelumnya sudah Pet Lovers lakukan dan kucing peliharaan masih memberontak maka sebaiknya hentikan dulu kegiatan memotong kuku kucing. Hal ini dapat menunjukan bahwa kucing sedang merasa tidak nyaman atau ada hal lain yang salah pada kucing peliharaan. Sebaiknya kegiatan memotong kuku ini ditunda dulu dan biarkan kucing lebih tenang.

8. Berikan hadiah makanan setelah selesai memotong kuku kucing.

 

Hal ini dapat membuat kucing menyukai aktivitas memotong kuku karena mereka akan mendapatkan makanan setelah aktivitas tersebut selesai. Kucing milik Pet Lovers pun tidak akan mudah memberontak dan dapat lebih patuh saat kuku kucing milik Pet Lovers dipotong.

Memberi makan kucing
Sumber: Canva

9. Buat jadwal memotong kuku kucing.

 

Cobalah buat jadwal untuk memotong kuku kucing. Hal ini dapat membiasakan kucing juga dengan aktivitas memotong kuku.  Selain itu kuku kucing peliharaan pun akan lebih terawat jika rutin dipotong. Jangka waktu yang direkomendasikan adalah satu minggu atau dua minggu sekali.

Nah itu dia hal-hal yang Pet Lovers perlu diperhatikan saat memotong kuku kucing. Jika Pet Lovers masih mengalami kesulitan dalam memotong kuku kucing maka kalian dapat meminta bantuan pada dokter hewan atau salon hewan terdekat yah. Selain itu kalian juga dapat membaca artikel lain terkait informasi seputar makanan kucing disini yah!

LET’S BE PAWSOME TOGETHER!

Referensi:

pets.webmd.com

be.chewy.com

2 thoughts on “Perhatikan 9 Hal Berikut Saat Memotong Kuku Kucing”

  1. Pingback: Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Adopsi Kucing Untuk Pemula - Petcionary

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

related post :