pet fashion - baju anjing

5 Cara Bikin Baju Anjing Dirumah Aja

Halo, Pet Lovers!

Stay at Home emang paling aman dan nyaman disaat pandemi seperti ini, ya! Apalagi sambil ditemani hewan peliharaan tersayang, seperti kucing, anjing, kelinci dan hewan peliharan lainnya. Pastinya rasa jenuh karena dirumah aja jadi hilang seketika. Petcionary mau tahu dong, kalian punya hewan peliharaan apa aja nih?

Studi menunjukkan bahwa hewan peliharan di era pandemi ini menjadi sebuah trend, karena ternyata hewan peliharan dapat mengobati rasa kesepian kita di era Pandemi Covid-19 ini loh. Selain itu, hewan peliharaan dapat memberikan interaksi sosial yang kurang bisa kita dapatkan di era pandemi ini (healthline.com).

Bahkan menurut comparethemarket.com, dari sekian banyaknya hewan peliharaan, anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dicari di seluruh dunia dan berikutnya disusul oleh kucing dan kelinci.

Nah, setuju dong kalau anjing jadi lebih lucu dan menggemaskan apabila mengenakan pakaian? Tapi Pet Lovers jangan lupa untuk melihat dari segi kenyamannya juga ya.

Bicara tentang baju untuk anjing, Petcionary punya tips nih untuk para Pet Lovers. Ternyata beberapa jenis anjing yang berbulu sedikit, akan merasa lebih hangat dan nyaman apabila menggunakan baju. Karena apabila anjing dengan bulu sedikit (smooth/short hair dog) menggigil atau kedinginan, Pet Lovers sebaiknya memakaikan baju anjing untuk menghangatkan. 

Dan sebaliknya, bila Pet Lovers memiliki anjing dengan bulu yang tebal dan cukup lebat (double coat, long & thick coat), sebaiknya Pet Lovers tidak memakaikan baju. Karena dengan kondisi bulu yang lebat, maka anjing tersebut sudah merasa cukup hangat.

Bila ditambah pakaian lagi di tengah cuaca yang panas, anjing bisa gak nyaman juga loh! Karena itu baju hewan peliharaan harus selalu disesuaikan dengan kondisi cuaca, dan kondisi bulu anjing Pet Lovers

Baju anjing gak selalu harus dibeli kok, karena Pet Lovers juga bisa membuat sendiri baju untuk anjing kamu loh. Bahkan Pet Lovers bisa menggunakan baju, topi, jaket yang sudah lama tidak digunakan untuk dibuat menjadi baju anjing. Positifnya, kita juga bisa sesuaikan mulai dari segi kenyaman dan kualitas bahan yang cocok untuk hewan peliharaan kita.

Kamu tidak punya hewan peliharan namun suka berkreasi? Jangan khawatir, kamu tentunya juga bisa membuat baju anjing  dan menyumbangkannya pada komunitas hewan peliharaan yang membutuhkan. Untuk informasi lebih lengkapnya seputar komunitas hewan, baca ini juga yah!

Penasaran sama 5 cara membuat baju untuk anjing seperti apa sih yang bisa kamu buat? Yuk, kita simak ulasan dari Petcionary berikut ini!

 

1. baju anjing dari topi kupluk

 

Baju anjing yang pertama ini dapat dibuat tanpa jahitan. Cepat dan mudah sekali loh untuk dibuat. Kamu hanya perlu menggunakan topi kupluk yang sudah lama tidak kamu gunakan, dan mengguntingnya sedikit untuk posisi kaki dan kepala.

Jangan terlalu lebar untuk mengguntingnya ya, apalagi bila anjingmu merupakan tipe anjing yang kecil seperti Chihuahua. Tingkat keterampilan untuk pembuatan baju anjing dari topi kuplik ini sangat mudah, karena dapat dibuat tanpa menjahit. dan hasilnya, sangat menggemaskan sekali.

Cek instruksinya disini:

cara bikin baju anjing
Tips #1 – Cara Bikin Baju Anjing

 

2. baju anjing dari atasan lengan panjang

 

Cara yang kedua yaitu membuat baju anjing dari baju yang sudah kamu tidak gunakan lagi. Pertama-tama, kamu cukup menyiapkan baju atasan lengan panjang, lalu gunting untuk membuat pola baju anjing.

Kamu dapat memotong bagian lengan baju hingga terpisah, dan dilanjutkan dengan memotong pola setengah lingkaran kecil untuk bagian kaki depan anjing. Dan jadi deh baju anjing lucu buatanmu sendiri!

Cek instruksinya disini:

Tips #2 - Cara Bikin Baju Anjing
Tips #2 – Cara Bikin Baju Anjing

 

 

3. baju anjing dari jaket

 

Jika Pet Lovers bisa menjahit, baju anjing yang ketiga ini sangat tepat untuk kamu! Kamu hanya membutuhkan jaket yang sudah tidak digunakan, gunting dan mesin jahit. Caranya, kamu cukup menggunting bagian lengan jaket kamu hingga terpisah. Lalu, kamu gunting area pergelangan tangan juga ya, karena apabila bahan jaket kamu wool dapat membuat anjing sesak.

Langkah selanjutnya, buat lingkaran kecil untuk area tangan dan rapikan sekitarnya dengan mesin jahit. Hasilnya, kamu jadi punya baju anjing lucu dan keren yang bisa dipakai untuk anabul tersayang.

Cek instruksinya disini:

Tips #3 - Cara Bikin Baju Anjing
Tips #3 – Cara Bikin Baju Anjing

 

 

4. baju anjing dari kaos kaki

 

Pola baju anjing yang keempat ini sangat menggemaskan, mudah untuk dibuat dan dijahit. Kamu hanya butuh sepasang kaos kaki yang sudah tidak digunakan dan mengguntingnya menjadi dua bagian.

Lanjutkan dengan menyatukannya dengan cara dijahit dengan jahitan tangan. Jangan lupa untuk meninggalkan sedikit celah untuk area kaki depan anjingmu.

Cek instruksinya disini:

Tips #4 - Cara Bikin Baju Anjing
Tips #4 – Cara Bikin Baju Anjing

 

 

5. baju anjing dari jumper bayi

 

Baju anjing yang kelima ini dapat dibuat tanpa jahitan loh. Dan yang menggemaskan baju anjing ini dapat dibuat dengan menggunakan baju bayi yang sudah tidak terpakai lagi. Selain itu, baju bayi seperti jumper bayi ini tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga Pet Lovers punya banyak opsi berbagai ukuran untuk anjing dirumah!

Cek instruksinya disini:

Tips #5 - Cara Bikin Baju Anjing
Tips #5 – Cara Bikin Baju Anjing

 

Kamu juga bisa menambahkan sulaman mungil di baju anjingmu supaya jadi lebih menarik Pet Lovers! Penasaran sama teknik-teknik menyulam untuk pemula, bisa kamu lihat disini yah!

Ternyata cukup banyak kreasi cara bikin baju anjing yang bisa Pet Lovers coba dirumah aja loh! Kira-kira kamu mau mulai coba dari yang mana dulu nih?

Jangan lupa untuk ninggalin comment ya, supaya kita bisa ngobrol-ngobrol asik seputar hewan peliharan!

Lets Be Pawsome Together!

 

Referensi:

https://www.healthline.com/

https://www.comparethemarket.com/

buzzfeed.com

https://www.prouddogmom.com/

3 thoughts on “5 Cara Bikin Baju Anjing Dirumah Aja”

  1. Pingback: Teknik menyulam untuk pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

related post :